The Room 19
I was quite disappointed when the holiday is over, meaning that I couldn't continue my mini program on how to stay sane and active as a Pengacara (pengangguran banyak acara 😂)—by taking KRL to Jakarta and meeting my late coworkers during break and taking home novels from Cikini Library. Now that I'm back to town, I've been curious to visit the new Independent Library at Dipati Ukur, The Room 19.
Inspired by the book The Room 19 (just like me who get inspired to write this post), this space was made for ones who want to take a break from their hustling bustling life. Since there is limited space, the guests should book and pay the fee in advance, Rp 25.000 for student, Rp 35.000 for general visitor and get a free flow hot tea in return. Also, the visit duration is limited too.
It is required to pay Rp 20.000 to borrow an English translation book in a week, and Rp 10.000 for an Indonesian book. Or I can read it for free during the visit. If I want to return the book, I have to pay a visit for Rp 25.000 again, even though I don't want to spend some time in there.
Let me do the math: If I want to borrow a single translation book for a week, I have to pay: Rp 25.000 for the initial visit, Rp 20.000 for the book itself, and additional Rp 25.000 to return the book. In total, I paid Rp 70.000 for a single book.
Was it worth the price?
As for me, It is still worth the price compared to buy the book itself and to make room for it afterwards—IF, and only if, I did not have any due reports or upcoming quiz so I could finish the book 😂
Nonetheless, it was a comfortable place to be alone and to stay focus to finish tasks. I know this is somehow biased opinion, but I could say that the fiction book collection is quite up to date—some of the covers are mostly seen on my Instagram explores, and already on my book lists!😆 Like Before The Coffee Gets Cold, and Mieko Kawakami's books. I got the chance to bring home All The Lovers In The Night, and the next list is Heaven *excited* I'll save the currently hype Breasts and Eggs, borrowed at HB Jassin Collection, for the next holiday.
I really wish The Room 19 could grow big, extend the space along with their collections!




8 comments
ini dia yang bikin aku penasaran dari semenjak belum rilis 🙈 tempatnya keliatan cozy banget sih Kak!! but, aku baru tahu kalau ngembaliin buku juga harus bayar 🥲 kalau dihitung-hitung agak mahal kalau cuma mau pinjam buku aja yaa, kecuali memang mau nongkrong baca di sana, kayaknya masih lebih oke wkwk. btw, Kak Zi tahu Foreward Library di Pasar Minggu?
ReplyDeletecozy bgt buat sendirian Li.. tp klo untuk ramean agak kurang, takut ganggu pengunjung yg lain. Iyah banget klo dibandingin sama perpus cikini 🥲 udahlah gratis, bisa diperpanjang sampai sebulan pula. klo di situ cuma 1 minggu aja per sewanya. Wah baru dengar, Lia pernah coba ke sana kah?
Deleteperpus cikini emang juara banget + koleksinya juga bagus-bagus Kak 😭 coba semua perpus kayak begini, apa nggak makin rajin ke perpus. minimal pencahayaannya bagus, jangan remang-remang gitu soalnya kelihatan horor 😂.
Deletebelum pernah ke Foreward karena lumayan jauh dari rumahku huhuhu. yang aku tahu tempatnya cozy jugaa dan nggak mesti bayar untuk baca di tempat dan mereka banyaknya koleksi import 😆. boleh Kak Ziiii kapan-kapan coba ke sana kalau lagi dekat 😆
iya juga yaa. lighting ruangan juga mempengaruhi mood membaca yah Li. Aku juga mayan jauh kalo ke pasar minggu, kayanya terakhir ke arah sana 2017 deh.. haha tapi kalau pas lagi dekat aku coba mampir, makasih rekomendasinya yaa 😆
DeleteOOHHH?? Aku ingin ke sini. Thank you for this information!! Sometimes when its tight on deadline aku suka mikir pengen ke mana gitu yang bukan Fore WKWK. Perpus I/T/B is nice tp aga mager karena pemandangannya masih familier, so it would be a nice place for a change. Tapi sepertinya karena aku termasuk slow reader, akan lebih cocok kalo baca di tempat aja 😆
ReplyDeleteBisa banget melipir ke situ Mba, supaya ga terngiang2 sama jinglenya Fore sampe rumah gara2 kelamaan nongki di sana 😂 Bisa fokus ngerjain sesuatu di The Room 19 karena g banyak ditraksi (menu yg tersedia terbatas jd g ada banyak waktu buat makan/cemil ini itu, kapasitas ruangan kecil, lagu yg disetel ga kenceng2 amat). Minusnya mungkin mushola nebeng di pool citi trans di seberang, karena nyebrang DU terkadang aga challenging 😂
Deleteeh iyaa... temen instagramku juga baru bikin reels review ini tempat dan nampaknya memang semenarik itu ya. Jadi penasaran...
ReplyDeleteanyhow... itu sekali visit katanya limited waktunya, brp lama? 4 jam?
tadinya pengen ikut ngerjain sesuatu disitu karena kyknya ambiencenya bisa bikin mood bagus. tapi kalo dibatasi, hmmm...
anyway... salam kenal! nemu blog ini dari gentlesunday dan kayaknya bakal jadi regular reader, ahoiii..
thank you for the review!
meanwhile... mau liat liat dulu postingan lamanya aaah...
Hi Ka, salam kenal juga! iya limited 4 jam per sesinya. Bisa dicoba dulu, karena nongki selama 4 jam itu lumayan lama 😆
Delete